Complexity

Gw bingung. Rasanya mau cerita sama siapa dan kayanya gak ada yg paham dan pas, buat ngerti semua ini. Even orang terdekat kaya keluarga ata...



Gw bingung. Rasanya mau cerita sama siapa dan kayanya gak ada yg paham dan pas, buat ngerti semua ini. Even orang terdekat kaya keluarga atau beberapa temen sendiri. Hari ini penuh banget rasanya. Dari yg penting sampe nggak penting banget. Nggak tau ya, rasanya kalo cerita sama orang yg gak tau atau engga ngerti dengan apa yg gw alamin itu susah. Ibaratnya gw cerita tapi respon nya ya ga passionate gitu.

Semuanya jadi kacau lagi. Kenapa lagi karena di Berlin mulai lockdown lagi, iya mulai hari rabu. Yang gw takutin dari lockdown itu satu. Gak lockdown aja, gw ngerasain sepi banget. Apalagi lockdown, bisa gila gw. Mungkin emang temen gw sedikit. Terserah mau bilang apalah. Tapi yang jelas emang gw gak bisa gampang bisa dekat sama orang dengan cepat. Kalau dipaksa buat dekat sama orang pun gw risih. Karena gw gak pengen dipaksain. Lebih mending secara natural gitu. Nyambung karena emang se frekuensi. Kalau emang ditakdirin berteman, gak bakal risih atau illfeel kok. Banyak mau ya gw. Iya, tapi menurut gw itu bakal berkualitas. Buktinya, udah ada dua orang yang bilang sama gw, kalo gw itu „temen yang worth to keep dan gw bakal sempetin waktu buat lo, kalo mau telfon“. Gimana? Daripada banyak, tapi gak loyal. Kan sampah.

Hari ini temen gw harus ninggalin gw, beberapa temen yang gw kenal dan nyambung sama gw di satu gedung gw tinggal, pulang ninggalin gw for good. Rasanya memori dan hal-hal yang dilewatin bareng2 harus dihapus dalam sekejap itu abstrak, kompleks. Sedih, ya itu pasti kayanya. Tiap orang yang ditinggal, pasti sedih. Wajar. Gw cuma berharap, semoga baik2 dan entah kapan bisa ketemu lagi dilain waktu. Mungkin emang gini ya, ada pertemuan terus kenalan dan udah nyaman, eh harus pisah. It sucks. I know, that’s why, one of my songs called Pisah. Apasih gajelas banget.

Pas lockdown pertama, nafsu makan gw itu bener2 hancur. Gw pengennya kenyang aja terus gitu tapi ga perlu makan, Gatau ya, gw udah bosen dengan masak ini itu. Menurut gw itu pembohongan besar2an, lu masak berjam-jam, tapi makan 15 menit. Iya sih enak, tapi engga sebanding aja gitu. Itu menurut gw, menurut lu pada mungkin beda. Iya gw makan engga sehat dan gw gak peduli dengan makanan empat sehat lima sempurna. Motivasi gw turun buat bikin ini itu. Bahkan, gw mau masak pas gw udah mau pingsan, kaya laper banget gitu. Baru deh gw masak. Iya bodoh memang. Makanya badan gw langsing. Gw juga jadi jarang lari, biasanya gw suka melarikan diri. Bukan dari kenyataan ya, buat kesehatan. Iya, buat gw, buat diri gw sendiri. Tapi diluar lagi dingin2nya, matahari lagi bentar banget nongolnya. Sekalinya nongol lagi asik tidur. Kan gak asik banget.

Beberapa bulan terakhir, gw lihat beberapa orang yang gw kenal, pada nge-share hari bahagianya mereka di sosial media. Good for them. Jadi ngerasa orang2 banyak yang nikah, mungkin emang udah waktunya juga kali ya. Kenapa gw jadi yang sirik. engga, gw engga sirik atau engga bahagia. Kayanya gw males aja gitu buat kasih responsnya. Iya, itu kali ya. It’s just too much for me. Ditambah berita2 indo yang, bikin gw ngebatin, kapan ya indo bia gini gitu, muter2 aja terus masalahnya disitu. Pas gw ngescroll eh tiba2 liat si ini itu ternyata udah nikah. Cukup tau aja dah dari jauh gw. Tapi apapun itu keputusannya, I am happy for you as long as you’re happy! Mungkin emang path kita gak nge cross kaya dulu lagi sebagai temen, yang bisa cerita tiap hari, bisa ketemu tiap hari, tapi siapa yang tau dimasa depan bisa ketemu. Peluang itu selalu ada, meskipun 10 pangkat minus 1 miliyar. Lebay.

Minggu lalu gw dikabarin kalau gw dipecat dari kerjaan, karena lagi dan lagi. Perusahaan tempat gw kerja ini engga bisa gaji gw. Mau enggak mau gw harus cari kerja lagi. Kalau cari kerjanya bulan Desember. Paling cepet dapet tempat ya Januari. Itu pun paling cepat, gatau karena corona ini. Gw rasa apa2 jadi lama prosesnya. Pas gw tau gw dipecat, gw biasa aja sih. Karena emang gw udah kebal dengan kata pecat. Tentang waktunya sendiri, gw sudah siap2 dari jauh hari, ibaratnya tinggal nunggu waktu buat pasang mental baja pas hari H pemecatan. Btw, gw engga dipecat sendiri, ada temen gw kerja juga yang dipecat, karena emang perusahaannya gak bisa bayar gaji gw dua bulan terakhir. Pusing gak sih dipecat, ya pusing lah. Karena harus cari lagi. Males gw sekarang kerja diperusahan yang kecil, pengen banget kerja diperusahan yang uangnya ngalir terus, jadi biar gak dipecat gitu dengan alesan finansial.

Gw memutuskan buat pindah kampus semester ini. Oiya, gw sudah lulus studi yang sebelumnya. Iya banyak yg nggak tau, gw ini udah lulus apa belom. Hahaha. Gatau ya, gw males gitu lho update tentang kelulusan, gak penting. Gak jelas. Insecure gw makin2 deh. Apa banget sih, gajelas lu update ini itu. Siapa juga yang liat update lu. Gak penting banget. Semester baru dikampus baru, jadinya gw harus adaptasi dengan semua2nya. Di bayangan gw, di kampus baru gw bakal dapet temen baru. Tapi zonk, semuanya online. Apa-apa online bruv. Gw dapet akun untuk akses materinya juga telat. Prosesnya terbengkalai, apa2 jadi lama deh.

Singkronisasi antar sistem dan dosen menurut gw aneh. Ada yang awal2 pas gw belom dapet akses ke courses, ngewajibin bikin grup. Terus grupnya harus daftar via akun kampus. Gimana caranya mau daftar, kalau proses pendaftaran sebagai mahasiswa aja belom kelar. Gw coba email sini situ, hasilnya kok kayanya kaya mondar mandir dan bertele-tele. Gw pasrah. Ditambah lagi modul yang mau gw ambil, itu ngeliat PR nya kejam2 banget. Mungkin karena gw lupa sama materinya atau baru buat gw. Entahlah. Gimana mau lulus ujiannya, ngerjain PR nya aja terseok-seok.

Seminggu, dua minggu gw coba kerasin hati gw buat coba terus, apa2 sendiri. Gila ya, kayanya memang hidup ini apa2 balik lagi ke diri sendiri. Meskipun lu ada temen, tetep aja temen itu ada bukan buat wakilin hidup lu. Yang ngejalanin kan tetep diri lu sendiri. Setelah sekitar sebulanan lebih nunggu, akhirnya gw dapet akun. Bulan November gw harusnya mulai kuliah dan bisa daftar courses ini itu, tapi malah bulan Desember gw baru bisa akses materinya. Agak kesel sih, tapi ya bisa apa gw. Gw konfrontasi dengan cara kirim email ke Student Service aja malah disembur dan disuruh sabar. Ya gw tau, yang student kan bukan gw doang! Cuma gimana dong, at least gw minta akun sementara kan harusnya bisa! Intinya kompleks dah. Minta nya jelas, tapi di prosesnya lama dan butuh waktu yg gajelas kapan. Gak tau deh gw gimana nasibnya semester ini.

Bulan Februari masih sekitar sebulan lagi dari sekarang. Ada apa di bulan Februari? Gw punya janji dengan kantor imigrasi buat perpanjang visa. Karena visa gw akhirnya abis. Hiks. Iya visa gw yang 4 tahun itu habis. Wow. What a time. Cepet banget rasanya. Gw sudah bikin janji dari bulan Oktober, karena gw gak mau ngantri di depan kantor imigrasi pagi buta jam 2 dan baru dikasi nomer tunggu jam 6 an pagi. Cuaca diluar lagi dingin2nya. Gw males banget dingin2an diluar. Itu kenapa gw booking janji online, praktis, simple, dan cepet. Meskipun gak selalu ada janjinya, cuma ada ditanggal2 tertentu.

Gw tuh takut banget kalo udah urusan sama imigrasi, iya gw takut aja kalo izin tinggal gw engga diperpanjang. Mau ngapain gw coba. Gw berniat buat lanjutin studi gw, karena gw pengen kelarin dijenjang yang lebih tinggi. Buat gw, iya buat keluarga gw juga. Studi sebelumnya engga tepat waktu, tapi at least gw kelar dan sampai garis finish. Gw males aja nanti kalo imigrasi nanya ini itu. Contohnya, kenapa kok gak kelar tepat waktu? Halah, orang jerman sendiri juga belum tentu bisa kelar studi tepat waktu. Initinya, gw males deh kalo urusannya harus ngejelasin ke imigrasi. Ditambah lagi, pasti aturannya berubah-ubah karena lockdown dan corona ini ya Allah. Sebelum perpanjang visa gw juga mau perpanjang paspor, meskipun paspor gw masih aktif. Gw engga pengen dapet ijin tinggalnya pendek. Makanya gw harus perpanjang paspor juga. Nah, itu juga jadi pikiran, bisa apa engga nanti disituasi lockdown kaya gini. Gw baca2 bisa aja. Jadi, Januari nanti perpanjang paspor, Febuarinya perpanjang visa. Oh God, please give me that strength to get through this sh*t.

Karena gw sudah bertahun-tahun tinggal dirumah yang sama, barang2 gw itu banyak banget. Mulai dari yang penting sampe yang gak ada penting2nya. ditambah lagi, gw itu tipikal orang yang simpen aja dulu, nanti siapa tau dipake. Pusing gw juga liat kamar gw penuh. Engga, satu dua orang doang kok yang bilang kamar gw penuh banget. Gw sendiri juga muak. Beberapa minggu yang lalu, gw coba rapihin dan masukkin barang2 yang engga gw pake kedalam kardus. Kardus yang gw beli di IKEA pas Black Friday kemarin. Kalo di indo mungkin kaya flash sale 12:12 lah ya. Orang2 heboh beli ini itu, lah gw belinya kardus coba. Emang kaum missqueen. Temen gw bantuin gw juga rapihin kamar gw. Tapi intinya ya gw yang pilihin barang mana yang harus gw buang. Banyak banget surat2 yang ada data2 pribadi, itu gw harus hancurin dulu, biar enggak disalahgunain. Jadi, gw harus foto dulu, baru gw ancurin pake mesin. Kerjaan banget kan gw. Hmmm. Sekarang kardusnya ada 4, gw pengen press terus sampe se minim mungkin barang gw. Belom sepatu gw, baju2 gw. Aduh banyak banget pusing. Males aja bawa ke indo yang ujung2 nya jadi sampah. Lagi-lagi nih ya, hidup di dunia itu kan semua titipan ya. Kalo gw mati, buat apa masih ada barang2 rongsokan yang ga penting, kecuali barang2 yang mengandung memori. Ahh, susah juga ngebuang barang2 yang ada memorinya. Eh gw liat tuh Marie Kondo. Biar ngebuang apa2 gampang, gak pake mikir. Jadi mikir dapur gw yg pecah banget. Zzz, rasanya pengen gw Marie Kondoin tuh dapur. Biar minimalis, seminimalis mungkin.


Lega akhirnya bisa nulis sepanjang ini. Mungkin emang tempat yang pas buat cerita ya diri sendiri kali ya. Buat diri gw sendiri dimasa depan, semoga gw bisa jadi pribadi yang kuat ya. Happy holiday.


Cheers



SHARE:

0 komentar